Geneva International Motor Show (GIMS) adalah pameran otomotif tahunan yang diselenggarakan di kota Jenewa, Swiss. GIMS adalah ajang pameran mobil paling bergengsi di dunia. Tidak heran banyak pabrikan meluncurkan mobil-mobil terbaru mereka disini. GIMS juga menjadi tempat impian untuk para pencinta mobil seperti gue. Disini gue akan memberi daftar 10 mobil paling menarik di GIMS tahun ini:
10. Lamborghini Aventador SVJ Roadster
Lamborghini Aventador SVJ Roadster adalah varian atap terbuka dari versi paling kencang Lamborghini Aventador. Dilengkapi dengan mesin V12 berkapasitas 6500cc yang menghasilkan tenaga sebesar 760HP. Lamborghini mengklaim bahwa mobil ini dapat berakselerasi 0-100 dalam waktu 2.9 detik.

Gue dulu ingat saat pertama kali melihat Aventador, menurut gue pada saat itu pun sudah terlihat sangat agresif, lalu datang Aventador SV, yang secara desain lebih agresif lagi dibanding Aventador standar. Nah, SVJ adalah versi agresif dari model agresif mobil yang sudah sangat agresif.

Dengan aturan emisi yang makin ketat, sepertinya ini mungkin menjadi edisi terakhir perjalanan Lamborghini bersama konfigurasi mesin yang membuat merek ini terkenal, yaitu sang V12.

9. Porsche 911 Cabriolet
Pada GIMS kali ini Porsche meluncurkan model atap terbuka Porsche 911. Di jaman yang sudah ber-hardtop ini, porsche masih memegang teguh DNA soft-top Cabrioletnya. Yang keren dari Soft-topnya adalah seberapa cepat mekanisme buka tutup atapnya. Hanya dalam 12 detik Kalian bisa merasakan atap setinggi jutaan kilometer sampai bintang terdekat. Mesin tetap ditenagai dengan 3000cc boxer turbo, sama dengan varian coupenya.
8. Lamborghini Huracan Evo Spyder
Setelah sebelumnya Lamborhghini mengeluarkan Huracan Evo Coupe, sekarang pabrikan asal Italia ini mengeluarkan versi Spydernya. Mesin yang digunakan masih sama seperti yang lama, namun di tune kembali menjadi 630HP yang setara dengan versi hardcorenya yaitu Performante. Dikarenakan atapnya hilang, maka diperlukan penguatan pada struktur bodinya yang menyebabkan bobotnya bertambah 100kg dari versi coupe. Hal itu mengakibatkan akselarasi menurun 0,2 detik menjadi 3,1 detik.
7. Aston Martin Project 003
Pada GIMS tahun ini, Aston Martin mengeluarkan 2 model baru berdasarkan sasis Valkyrie, yaitu Project 003 dan Vanquish Vision Concept, namun yang ingin kami bahas adalah Project 003. Hanya 500 Project 003 yang akan diproduksi. Seperti Valkyrie, mobil ini adalah mobil bermesin tengah. Project 003 dikembangkan oleh tim Redbull F1 dan didesain oleh desainer F1 terkemuka, Adrian Newey.
Selain itu, Aston Martin juga mengembangkan teknologi baru bernama FlexFoil yang akan digunakan di mobil ini. Yang menarik dari FlexFoil, teknologi ini sudah disetujui oleh NASA. Bicara soal teknologi, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan dashboard yang di 3D print.
6. Ferrari F8 Tributo
Ferrari F8 Tributo adalah penerus dari 488 GTB. Mobil ini juga menjadi tribut untuk Ferrari F40. Mesin yang digunakan di F8 sama dengan yang digunakan di 488 Pista, yaitu V8 3900cc yang menghasilkan tenaga 710HP. Ada teknologi baru yang diaplikasikan di mobil ini bernama Ferrari Side Slip Angle Control, yang memudahkan pengemudi untuk Drifting.
5. Pininfarina Battista
Battista adalah mobil baru keluaran rumah desain ternama dunia, Pininfarina. Rumah desain ini dulu biasa mengerjakan desain Ferrari sampai Ferrari membuka styling center sendiri. Sekarang Pininfarina mengeluarkan mobil sendiri, bukan sembarang mobil namun Hypercar elektrik yang bertenaga 1800+HP. 0-100 dapat ditempuh dibawah 2 detik. Sayangnya mobil ini hanya akan dibuat 200 unit saja.
4. Morgan Plus Six
Jika anda suka menonton Top Gear, anda pasti mengenal brand ini. Yup, Morgan merupakan salah satu merek favorit Richard Hammond. Sekarang, Morgan mengeluarkan model baru dengan mesin BMW Z4/Toyota Supra bernama Plus Six. modelnya bisa dibilang persis dengan Morgan-Morgan terdahulu, namun mobil ini hanya menggunakan parts lama sebanyak 4% saja. Sayangnya Plus Six hanya tersedia dengan transmisi otomatis saja. Yang gue suka dari mobil ini adalah gayanya, mengingatkan gue akan aliran restomod walaupun mobil ini 96% baru.
3. Bentley Continental GT No.9 
Continental GT No.9 ini merupakan  mobil edisi spesial untuk merayakan ulang tahun ke 100 Bentley. Mobil ini terinspirasi dari Bentley Blower 4 1/2 Liter no.9 yang memenangkan Le Mans 1930. banyak detail-detail di mobil ini yang tidak bisa ditemui di Conti biasa, seperti warna eksteriornya dan ada sedikit bagian dari Bentley 4 1/2 liter no.9.
2. Koenigsegg Jesko
Jesko merupakan Hypercar terbaru dari pabrikan asal Swedia, Koenigsegg. Namanya terinspirasi dari ayah sang pendiri Koenigsegg, Jesko Von Koenigsegg. Mobil ini bermesin V8 5000cc yang menghasilkan tenaga 1587 hp dengan etanol (E85). Koenoigsegg meng-klaim bahwa mobil ini adalah mobil pertama yang dapat mencapai 300 mil per jam. Kita lihat nanti, apakah benar klaim tersebut?
1. Bugatti La Voiture Noir
La Voiture Noir atau Sang Mobil Hitam adalah model edisi spesial Bugatti yang hanya diproduksi 1 di dunia. mobil ini dibuat sebagai tribut untuk Bugatti 57SC Atlantic milik Jean Bugatti yang hilang pada tahun 1940. mobil ini merupakan mobil baru termahal di dunia dengan harga 16.5 juta Dollar AS.
Sekian dari saya.

Penulis: Rafi Aditya
Kredit foto: Lamborghini, Porsche, Aston Martin, Ferrari, Morgan, Pininfarina, Bentley, koenigsegg, dan Bugatti

You may also like

Back to Top