Welcome to my new blog series, yang nanti juga ada versi youtubenya. Basically, pada #KisahKlasik, gue akan membahas sejarah mobil-mobil legendaris jaman dahulu. Blognya akan diupload kapan saja gue mau, dan mungkln akan disusul dengan video. 
Mobil pertama yang akan gue bahas dapat dibilang sangat sukses dalam dunia Rally. Saking suksesnya, mobil ini memenangkan kejuaraan rally dunia hingga 6 kali berturut-turut dari tahun 1987-1992. Mobil yang akan gue bahas adalah Lancia Delta.
Lancia Delta pertama kali di perkenalkan pada tahun 1979 sebagai mobil hatchback keluarga. Dikarenakan Lancia pada waktu itu fokus membuat mobil Rally, Jadi ada banyak varian spesial untuk memenuhi syarat homologasi kejuaraan Rally. Varian spesialnya pun bukan versi standar "distikerin", tapi menggunakan mesin yang diambil dari mobil Rally, dan tentunya di down grade agar lebih aman dan mudah dikendalikan.
Pada awalnya, Lancia Delta berkompetisi di kejuaraan rally Group B sebagai pengganti Lancia 037. Pada saat itu, Hatchback mungil ini berkompetisi dengan Audi Quattro. Lancia Delta S4 ini bermesin 1759cc 4 silinder  twincharger bermesin tengah yang menghasilkan tenaga 500hp, ditambah dengan bobot mobil yang hanya seberat 890 kg. Walaupun mesinnya kecil, tapi dikarenakan output tenaga yang sangat besar, mobil ini dimasukkan ke kelas under 2500cc. Sebenarnya mobil ini tidak meggunakan spare part Lancia Delta sama sekali. dalam 12 kali balapan, mobil ini memenangkan 5 diantaranya. Mobil tersebut balap di kejuaraan ini hingga akhirnya Group B dilarang oleh FIA.
Setelah dilarangnya Group B, Lancia mendaftarkan diri ke Group A menggunakan Lancia Delta HF 4WD. Tenaga yang dihasikan HF tidak sebesar S4 yaitu 240HP, tapi cukup untuk masuk Group A. Lancia Delta HF menjuarai WRC dari tahun 1987-1992. Bayangkan, 6 kali berturut-turut juara dunia. GILA! pada setiap tahunnya Lancia mengimprove mobil tersebut hingga pada kejuaraan terakhirnya Delta mengeluarkan tenaga sebesar 365 HP.
Bicara mobil jalanan, Lancia juga tidak malu-malu soal tenaga. Lancia Delta S4 Stradale, yang merupakan mobil jalanan dari Lancia Delta S4 saja mengeluarkan 250HP dan mobil tersebut hanya diproduksi sebanyak 250 unit. Bicara Delta HF, setiap tahun Lancia mengeluarkan versi yang berbeda dari mobil ini. Mulai dari HF 4WD, 8 Valve hingga Integrale Evoluzione 2 yang menjadi versi terakhir dari Lancia Delta Gen 1. Lancia Delta ini juga merupakan penanda akhirnya era keemasan Lancia di kontes Rally maupun dunia. 
Pada akhir masa produksinya, Lancia mengeluarkan Lancia Delta Integrale Evoluzione II Edizione Finale, yang menarik dari mobil ini adalah hanya 250 yang dibuat dan khusus pasar Jepang saja. Sebenarnya, Lancia masih memproduksi Delta hingga saat ini. Namun, sekarang Delta tidak lagi mobil Rally yang difokuskan untuk pengemudi, tetapi menjadi mobil keluarga yang membosankan
bicara harga, dalam bursa mobil bekas dunia, harga mobil ini dimulai dari 40,000 USD hingga diatas 100,000 USD. tergantung modelnya. Seperti mobil-mobil "Modern Classic" yang lain, harga mobil ini diprediksi akan naik lagi. estimasi gue dalam 5 sampai 10 tahun lagi, Lancia Delta HF versi tertentu akan berada diatas 150,000 USD.

Words by: Rafi Aditya
Photos by: Wikimedia Commons

You may also like

Back to Top